Membuat Kalkulator Sederhana Dengan PHP

Tutorial Membuat Kalkulator Sederhana Dengan PHP ini merupakan tutorial lanjutan dari tutorial sebelumnya di tutorial kategori PHP tentang pengenalan operasi aritmatika atau matematika pada PHP. setelah mengenal macam-macam operasi aritmatika pada PHP maka pada tutorial Membuat Kalkulator Sederhana Dengan PHP ini kita akan mengimplementasikan penggunaan operator aritmatika pada php menjadi sebuah aplikasi sederhana untuk lebih mengasah lagi pengetahuan tentang dasardasar PHP dan mencoba melatih logika kita. karena membuat kalkulator sederhana dengan PHP merupakan sebuah aplikasi yang sangat sederhana untuk melatih logika sederhana.

Pada tutorial Membuat Kalkulator Sederhana Dengan PHP ini kita akan mencoba menggabungkan materi-materi php dasar yang sudah kita pelajari pada tutorial sebelumnya di www.malasngoding.com. di asumsikan untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu tentang dasar-dasar php contohnya seperti menanganan form (Form handling) dengan PHP seperti penanganan form dengan method $_GET dan $_POST, kemudian lagi yang terpenting lagi pemahaman dasar tentang penggunaan operator aritmatika pada PHP.

Berikut ini adalah beberapa file yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi kalkulator sederhana dengan PHP ini.

  • index.php
  • style.css

Tahap pertama untuk membuat kalkulator dengan PHP yang harus di lakukan adalah kita design dulu form kalkulator nya. buat sebuah file PHP dengan nama index.php dalam folder project anda. lokasi folder project saya untuk membuat contoh kalkulator sederahana ini ada di http://localhost/malasngoding/kalkulator/.

index.php

dan berikan sentuhan cssnya

style.css

body{
background: #F2F2F2;
font
-family: sans

serif;
}
.kalkulator{
width: 335px;
background: #2F495A;
margin: 100px auto;
padding: 10px 20px 50px 20px;
border
-radius: 5px;
box
-shadow: 0px 10px 20px 0px #D1D1D1;
}
.bil{
width: 300px;
margin: 5px;
border: none;
font
-size: 16pt;
border
-radius: 5px;
padding: 10px; }
.opt{
font
-size: 16pt;
border: none;
width: 215px;
margin: 5px;
border
-radius: 5px;
padding: 10px; }
.tombol{
background: #EC5159;
border
-top: none;
border
-right: none;
border
-left: none;
border
-radius: 5px;
padding: 10px 20px;
color: #eee;
font
-size: 15pt;
border
-bottom:4px solid #BF3D3D;
}
.brand{
color: #eee;
font
-size: 11pt;
float: right;
text
-decoration: none;
margin: 12px; }

.judul{
text-align: center;
color: #eee;
font-weight: normal;
}

dan coba kita jalankan pada browser. http://localhost/malasngoding/kalkulator/

Akan saya jelaskan sedikit tentang syntax php kalkulator yang saya buat di atas.
perhatikan pada bagian form

saya menggunakan method POST untuk penanganan data bilangan yang di input, pada bilangan satu saya memberikan nama dengan “bil1” dan bilangan dua dengan “bil2”. dan bagian operator nya saya memberikan nama operasi yang masingmasing value nya bisa anda perhatikan sendiri. untuk action nya saya membuatnya untuk di proses pada halaman index.php sendiri. bisa juga kalau actionnya di kosongkan maka dengan otomatis action form akan di proses pada file form tersebut sendiri.

kemudian perhatikan pada bagian penangkapan data dari form.

Function isset() berfungsi untuk memeriksa ketersediaan data. jadi di sini saya membuat pengecekan untuk data submit dari form. berarti jika form di submit maka data yang di inputkan dari form saya simpan pada masing-masing variabel.

Selanjutnya saya menggunakan fungsi switch case pada php untuk mengecek operasi yang di pilih saat sebelum form di submit.

Pengecekan dengan swtich case ini saya lakukan untuk memeriksa operator apa yang di pilih untuk menghitung bilangan satu dan bilangan dua yang di input, jadi jika operator yang di pilih adalah tambah berarti bilangan satu di tambah bilangan dua, jika operator yang di pilih adalah kurang maka berarti bilangan satu di kurang bilangan dua begitu juga seterusnya dengan operator kali dan bagi jika di pilih. dan masingmasing operasi yang di lakukan saya rangkum kedalam sebuah variabel hasil dari operasinya seperti yang dapat di lihat pada syntax di atas. saya merangkum hasilnya ke dalam variabel $hasil.

Sampai di sini berarti kita sudah memiliki hasil dari operasi aritmatikanya. kemudian yang harus kita lakukan adalah menampilkan hasil operasi nya.

Kita periksa dulu apakah submit telah di lakukan seperti cara menangkap data dari form di atas tadi. kemudian jika form sudah di submit kan otomatis kita sudah memiliki hasilnya (hasil yang di dapat dari pengecekan menggunakan switch case di atas tadi). tinggal kita tampilkan saja

Jika form belum di submit maka yang ingin saya tampilkan adalah nol “0”.

sekian tutorial membuat kalkulator sederhana dengan PHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *